Perbedaan Dan Kelebihan Shared Server dan Dedicated Server

Apa sih perbedaan antara dedicated server dan shared server? Apapula definisi Shared server dan dedicated server? Dan apa kelebihan dari masing-masign server ini. Mungkin banyak yang sudah tahu perbedaan dan kelebihannya namun masih ragu saat memilih siapa yang paling pas untuk dijadikan rumah hostingnya. Di posting ini saya akan membahas mengenai ke dua jenis server yang umumnya di sediakan oleh setiap layanan webhosting.
Disaat kita menyewa tempat untuk blog dan website kita dalam sebuah layanan webhosting, umumnya kita mempunyai 2 pilihan – menyewa shared server atau dedicated server. Jika memilih shared hosting/server (atau biasa disebut “virtual hosting”) maka website atau blog anda berbagi tempat dengan website yang lain. Namun jikalau kita memilih dedicated server, maka kita akan diberi kuasa penuh untuk mengendalikan seluruh sever tanpa berbagi dengan website lainnya dan koneksi network sepenuhnya, namun tentu saja harga dedicated server jauh lebih mahal.
Shared server jauh lebih murah dibanding dedicated server. Shared server umumnya tidak terlalu membutuhkan keahlian teknis penyewanya, karena keseluruhan masalah teknis ditangani oleh Admin servernya. Oleh karena itu shared server sering menjadi pilihan terbaik bagi website yang mempunyai skala bisnis menengah kebawah dengan jumlah trafik yang tidak terlalu tinggi.
Walaupun shared servers bagus bagi website yang mempunyai skala bisnis menengah kebawah, namun shared server bukanlah pilihan bagus bagi bisnis besar yang mempunyai trafik tinggi. Bagi mereka dedicated servers merupakan keharusan!
Seperti saya katakan sebelumnya bahwa Dedicated server jauh lebih mahal dibanding Shared servers, dedicated server juga membutuhkan ke ahlian teknis untuk mengoprasikannya. Jika website anda menghasilkan ribuan dollar seharinya dari e-commerce dan tentu saja bisnis anda akan rugi jika server yang anda gunakan DOWN selama satu atau dua hari, maka anda harus mempertimbangkan untuk berpindah ke sebuah dedicated server. Dibawah ini adalah alasan kenapa anda harus menggunakan dedicated server:
Server Response Times dan Site Traffic Management:
Server response times (waktu respon dari server) pada shared hosting terpengaruh oleh kondisi website lain yang berbagi server dengan anda. Server response time anda akan terpengaruh oleh setiap gangguan dari website lain. Contohnya, jika situs lain tiba-tiba mendapat trafik tinggi yang tidak terduga. Gangguan ini di luar kendali anda sebagai pengguna shared server. Namun jika menggunakan dedicated server, anda lah yang memegang kendali untuk mengaturnya, merencanakannya, sehingga dapat mengatas level trafik dan hal-hal lain yang tidak dapat di lakukan pengguna shared server.
Fleksibilitas dan Software:
Jika menggunakan shared servers maka anda mempunyai hak akses terbatas pada sistem operasi, aplikasi software juga terbatas sejauh yang disediakan oleh webhosting anda. Namun jika ingin mengendalikan sendiri, mengkostumisasi ecommerce atau aplikasi database maka anda membutuhkan sebuah dedicated server.
Skalabilitas:
Jika kemudian situs anda berkembang dan menjadi besar, tentu saja angka trafik akan meningkat dan aplikasi yang anda butuhkan untuk menanggulangi hal tersebut menjadi keharusan, maka anda harus mengupgrade server anda. Jika server yang anda gunakan adalah shared server maka pilihan untuk upgrade terbatas. Upgrade akan diberikan sebatas pembesaran jumlah disk spac, dan hanya itu! Namun anda tidak dapat mengupgrade hard drive, Ram processors, platform atau aplikasi software. Namun jika menggunakan dedicated server, anda dapat melakukan semuanya!
Level Keamanan:
Informasi dan file yang anda letakan di dalam shared server umumnya tidak mempunyai level keamanan yang kuat dibanding dengan dedicated server. Bahkan dedicated server mempunyai Firewall sendiri. Jikalau anda menyimpan informasi rahasia dan sensitif, maka level keamanan yang tangguh sudah menjadi keharusan.
Itulah sedikit ulasan seputar Shared server dan Dedicated server beserta perbedaan, definisinya dan kelebihannya.
Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. DreamHost is definitely one of the best hosting provider with plans for all of your hosting requirments.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting VPN Server di Windows Server 2003/2008 Yang Hanya Memiliki Satu NIC

Service Motherboard dengan PC Analyzer